Membeli Karpet Masjid

Yang Perlu diperhatikan Ketika Hendak Membeli Karpet Masjid

Posted on

Berbicara mengenai masjid, tentu fokus kita tak akan bisa lepas dari karpet masjd yang memiliki peranan penting dalam sebuah rumah ibadah. Tanpa adanya karpet masjid, tentu ibadah sholat seseorang bisa jadi tidak khusyuk dan masjid itu sendiri terkesan tidak indah dan kotor karena banyak debu yang terlihat secara jelas dari bagian luar masjid.

Kegunaan karpet masjid tersebut menjadikan keberadaan sebuah karpet di dalam area masjid adalah hal yang vital. Sehingga banyak orang terkesan berhati-hati ketika hendak memilih karpet yang akan digunakan di sebuah masjid. Berbagai pertimbangan dalam memilih karpet perlu diperhatikan dengan teliti. Beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli karpet masjid adalah :

Langkah membeli karpet masjid baru

  1. Rancangan budget yang disediakan

Hal pertama yang harus anda cermati adalah mengenai pembiayaan karpet masjid. Besar dana yang anda keluarkan tentu akan mempengaruhi karpet jenis apa yang akan anda beli, termasuk juga masalah kualitas tak dapat dipisahkan dari dana yang disediakan. Untuk itu, langkah pertama sebelum memutuskan membeli karpet adalah menentukan terlebih dahulu berapa budget yang akan anda pasang untuk kebutuhan ini.

Karena biasanya harga jual karpet masjid Jakarta akan berbeda dengan yang berada di daerah lain, maka anda perlu melakukan survey terlebih dahulu harga pasaran sebuah karpet masjid.

  1. Pilihlah karpet yang cocok dengan kebutuhan

Jika anda masuk ke dalam took karpet anda akan menemukan banyak sekali jenis karpet untuk masjid. Namun anda perlu menyesuaikan karpet dengan bahan seperti apa yang benar-benar anda butuhkan. Karpet sajadah masjid yang bagus umumnya terbuat dari bahan Poliprophylene Headset, karpet ini sudah lama menjadi idola para produsen karpet karena sifatnya yang shiny dan mudah untuk dibersihkan.

Yang membedakan kualitas karpet dengan bahan yang sama hanyalah kerapatan titik rajutnya atau ‘dot’. Selain memperhatikan masalah kerapatan titik rajut tersebut, anda juga perlu melihat dari sisi varian motif dan warnanya apakah sesuai dengan interior masjid anda.

  1. Pastikan adanya garansi dari penjual karpet

Garansi karpet harus anda perhatikan juga. Apalagi jika karpet yang anda beli akan di pasang di masjid yang ukurannya terkadang tidak simetris atau ada lekukan pada area masjid. Tanyakan terlebih dulu apakah jasa jual karpet masjid tersebut melayani hal yang serupa atau tidak. Lalu bagaimana dengan system bayar dan hantarnya.

Karena bisa jadi anda memilih jasa jual karpet masjid dikota besar namun lokasi masjid anda ada di bekasi maka akan susah jika membawa karpet masjid tersebut sendiri menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Motif karpet yang sesuai dengan desain masjid

Motif karpet mungkin terkesan remeh, namun hal ini menjadi penting dipertimbangkan jika melihat dari segi estetika. Karena karpet merupakan bagian dari suatu bangunan masjid, maka karpet harus memiliki desain dan motif yang selaras dengan konsep masjid yang diusung.

Untuk itu, anda perlu mengetahui lebih dalam bagaimana desain bangunan masjid anda barulah kemudiana anda bisa menyesuaikan jenis karpet yang akan anda beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *