Bagaimana Analisa Pasar Bisnis Pulsa Secara Sederhana?

Posted on

Memulai sebuah binis tanpa paham kompetitor atau pesaing kita adalah tindakan yang beresiko. Oleh gara-gara itu kita wajib melakukan penelitian yang disebut penelitian pasar. Tujuannya supaya kita siap untuk pasar bisnis kita yang bisa saja berubah. Selain itu, perihal ini terhitung untuk menghambat bisnis pulsa kita tertinggal dalam kompetisi.

Melakukan penelitian pasar

Penelitian pasar adalah aktivitas untuk menghimpun dan menganalisa informasi perihal pasar atau industri bisnis yang akan kalian geluti. Informasi yang disatuka meliputi informasi perihal konsumen atau pengguna dan kompetitor. Penelitian ini penting supaya kalian tidak buang-buang selagi dan uang gara-gara kalian paham apa bisnis baru itu akan gagal atau berhasil.

Ada tiga cara utama melakukan penelitian pasar:

-dengan internet (desk research): memanfaatkan informasi yang sudah ada di internet dan informasi berasal dari dalam industri.

-penelitian lapangan: menghimpun informasi sendiri dengan survei, kuesioner dan alat penelitian lain.

-agensi komersial: menyewa organisasi atau badan lain yang sebetulnya sudah pakar melakukan penelitian pasar.

Meneliti apa yang kompetitor tawarkan

Lihat Juga : Transaksi Pulsaku

Meneliti kompetitor itu tidaklah begitu susah berasal dari yang kita bayangkan. Sebagai contohnya, kalian bisa menjadi dengan cara menghimpun selebaran dan daftar harga yang mereka buat untuk para konsumen atau pelanggan. Kalian terhitung bisa membaca informasi di situs atau halaman sosial fasilitas mereka. Bahkan kecuali wajib kalian bisa belanja pulsa atau mencoba fasilitas mereka dan bandingkan dengan yang kalian miliki.

Beberapa analisa yang wajib ditanyakan:

-Apakah harga yang mereka tawarkan lebih rendah?

-Apakah product atau fasilitas mereka lebih berkualitas?

-Apakah fasilitas pelanggan diakui penting?

-Apakah promosi mereka lebih menarik?

Tanyakan pertanyaan ini untuk lihat di bagian mana kalian bisa memperbaiki diri. Lihatlah bisnis pulsa yang kalian menjadi dan lihat kecuali ada kekurangan-kekurangan. Ambil ide dan ide berasal dari para kompetitor untuk bisa menunjang kalian lebih kompetitif.

Analisa SWOT

Untuk lebih dalam meneliti posisi kalian dalam industri bisnis yang kalian geluti dan hubugan kalian dengan para pesaing, kalian bisa memanfaatkan analisa SWOT. Analisa ini merupakan cara yang paling umum dan ringan digunakan. Analisa SWOT menunjang kalian untuk:

-membangun kapabilitas (strength /S)

-mengurangi kelemahan (weaknesses/ W)

-Meraih keuntungan atau kesempatan (opportunities/ O)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *