Jenis-jenis karpet Masjid di seluruh dunia

Posted on

Ibadah menjadi salah satu kebutuhan rohani manusia. Tentunya dalam menjalankan ibadah ada beberapa peralan yang harus digunakan. Umat Islam yang beribadah di masjid tentu saja membutuhkan pelengkap ibadah seperti karpet. Karpet selain sebagai alas juga agar ketika beribadah pengguna bisa merasa senyaman mungkin dan tentu saja hal ini dapat menunjang ibadah agar semakin khusyuk.

Karpet merupakan peralatan ibadah yang sangat khas dengan umat Islam. Itulah mengapa, negara penghasil dan pengimport karpet didominasi oleh negara timur tengah dengan mayoritas muslim. Tidak hanya di timur tengah saja, jual karpet masjid di depok sudah merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

jenis karpet masjid

Desain dan jenis karpet masjid di tiap negara

  1. Desain karpet masjid Turki

Setiap benda atau barang yang merupakan cici khas suatu negara akan mengikuti pula budaya dimana benda atau barang tersebut berasal. Turki memiliki ciri khas dalam memproduksi karpet. Ciri khasnya terletak pada desain karpet dimana dapat merepresentasikan karakter dan ciri dari negara Turki sendiri. selain itu, desain karpet ini juga sebagai simbol atau cri khas bahwa karpet tersebut berasal dari Turki.

Karpet Turki bermotif corak akan tetapi dominan hanya berpusat di tengah, sisinya dibiarkan kosong atau sekalipun diisi dengan motif tetapi tidak terlalu bercorak. Hanya beberapa bunga atau garis sederhana saja. Motif karpet Turki ini sangat cocik digunakan pada masjid di bagian mimbar atau sebagai karpet imam masjid karena motif seolah dapat mengintruksikan jemaah untuk terfokus pada imam.

  1. Karpet Masjid motif Arab

Jika motif Turki bercorak namun hanya di pusat, karpet motif Arab bercorak penuh di semua sisinya. Ciri khas yang lain adalah terkadang di bagian sisi diberikan warna yang berbeda dengan bagian tengah akan tetapi tetap mempertahankan corak. Karpet motif Arab juga cenderung berwarna gelap dan mewah seperti warna hitam, abu, emas, silver, kuning kecokelatan, serta warna merah gelap.

  1. Karpet motif Persia

Meski sama-sama dari kawasan Timur Tengah dan  terdiri dari mayoritas umat muslim, namun tiap-tiap negara produsen karpet di Timur Tengah memiliki ciri khas sebagai pembeda diantara mereka. Karpet motif Persia mirip dengan desain motif karpet Arab. Akan tetapi yang menjadi pembeda adalah hanya terletak pada warna saja. Warna karpet Persia cenderung terang dan berwarna warni.

  1. Karpet Masjid motif khas Indonesia

Meski bukan termasuk negara Timur Tengah, tetapi secara tidak langsung budaya islam Indonesia memiliki ciri khas. Karpet masjid di Indonesia didominasi oleh tiga warna yang paling umum yaitu merah, hijau, cokelat, dan biru. Tidak hanya itu, motif karpet masjid Indonesia juga terkesan polos dan corak hanya di sepanjang sisi saja. Jual karpet masjid di depok motif Indonesia sudah banyak tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *