Investasi Rp. 100 Miliar Di KEK Akan Peroleh Libur Pajak

Posted on

Investasi Rp. 100 Miliar Di KEK Akan Peroleh Libur Pajak

Jasa Konsultan Pajak Jakarta – Pemerintah sudah menerbitkan paket dari kebijakan ekonomi di jilid XVI untuk membantu mendorong investasi asing yang masuk ke dalam negeri. Salah satu dari kebijakan tersebut yakni libur bayar PPh badan yang kita kenal sebagai tax holiday yang diberikan dalam waktu tertentu.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati sudah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan dengan nomor 150 tahun 2018 mengenai Pemberian Fasilitas Pengurangan PPh badan yang mana telah terjadi pada 26 November 2018. Dan sebelumnya kebijakan dari tax holiday yang mana telah diatur di dalam PMK 35 di tahun 2018 mengenai tax holiday.

Susiwijono selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan jika di dalam peraturan tersebut, investasi dengan nilai minimal Rp. 100 miliar akan memperoleh fasilitas tax holiday dengan catatan telah melakukan usaha di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

“Ada yang bertanya lagi, bagaimana caranya jika angka di bawah Rp. 100 miliar turut memperoleh insentif fiscal. Maka kita akan mendorong pemberian mini tax holiday untuk kegiatan yang dilakukan di KEK” ujarnya.

Beliau pun menjelaskan jika untuk investasi yang bernilai Rp. 100 miliar dengan usaha utama di Kawasan Ekonomi Khusus maka akan memperoleh pengurangan dari pajak penghasilan hingga 100% untuk total 5-20 tahun.

“Hal itu untuk minimal Rp. 100 miliar memperoleh pengurangan pajak penghasilan untuk total 5-20 tahun, 100% jika kegiatan utamanya di KEK” terangnya.

Tidak sebatas itu saja, pemerintah pun akan memberikan fasilitas berupa mini tax holiday untuk investasi di antara Rp. 20 miliar-Rp. 100 miliar di Kawasan Ekonomi Khusus,

“Mereka yang melakukan investasi lebih kecil sekitar Rp. 20 miliar-100 miliar akan memperoleh pengurangan pajak penghasilan 5 tahun sekitar 50%” jawabnya.

Sebelumnya memang fasilitas dari tax holiday yang besarnya 100% akan diberikan untuk pengusaha yang melakukan investasi Rp. 500 miliar-Rp. 30 triliun. Dan untuk mereka yang melakukan investasi di antara Rp. 100 miliar-Rp. 50 miliar maka akan memperoleh fasilitas dari mini tax holiday yakni pengurangan pajak penghasilan badan sejumlah 50% selama kurang lebih 5 tahun lamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *