Liburan Ke Luar Negeri Aman dengan Asuransi

Posted on

 

Ada berbagai macam jenis asuransi, baik kesehatan, jiwa hingga asuransi travel. Asuransi travel biasanya digunakan untuk perjalanan baik ke seluruh Indonesia atau ke seluruh dunia. Asuransi travel ini digunakan untuk menjamin keselatan traveler yang ingin pergi ke tempat-tempat yang jauh terutama rawan. Ada banyak perusahaan asuransi yang membukan pendaftaran asuransi travel. Sebenarnya masih banyak hal yang belum begitu diketahui masyarakat tentang asuransi travel. Inilah hal-hal yang harus Anda ketahui tentang asuransi travel

 

Cara klaim berbeda untuk setiap asuransi

 

Setiap asuransi ternyata memiliki cara klaim yang berbeda. Misalnya ketika Anda terluka pada saat liburan di luar negeri, ada beberapa asuransi yang bisa langsung mengajukan klaim, tapi ada juga yang tidak bisa. Sehingga Anda harus membayar biaya rumah sakit dulu di sana, baru setelah kembali ke Indonesia Anda bisa meminta ganti rugi. Perbedaan klaim ini juga dipengaruhi oleh jangkauan dari asuransi ke beberapa negara, karena setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya sendiri. Maka Anda bisa memilih mana asuransi yang kira-kira lebih memudahkan Anda dalam klaim. Jika Anda merasa klaim langsung di luar negeri terlalu ribet maka pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan layanan ganti rugi di Indonesia. Namun, apapun itu perusahaan asuransi yang dipilih, Anda harus mendaftar dulu sebelum pergi.

 

Tidak semua asuransi berlaku di negara tertentu

 

Tidak semua asuransi berlaku di negara-negara tertentu karena kebijakan dan jenis asuransi perjalanannya berbeda. Ada asuransi travel khusus untuk umroh dan ibadah haji, ada juga asuransi travel untuk wisata ke Eropa, tapi ada juga asuransi untuk siswa Indonesia yang belajar di luar negeri. Maka dari itu, tidak semua jenis asuransi bisa berlaku di negara tertentu. Misalnya Anda pergi ke prancis tetapi mendaftar asuransi untuk ibadah haji, maka asuransi tidak akan bisa Anda klaim di Prancis. Jika Anda ikut perusahaan travel biasanya mereka akan secara langsung mendaftarkan diri Anda ke pihak asuransi yang sesuai. Namun, jika Anda pergi sendiri maka Anda harus mendaftar dan membayarnya sendiri.

 

Bisa mendaftar online

 

Anda tidak perlu datang ke perusahaan asuransi untuk mendaftarkan asuransi travel Anda. Sekarang sudah bisa semakin mudah dengan mendaftar secara online. Anda bisa membuka website resmi perusahaan asuransi yang Anda pilih lalu masuk ke laman pendaftaran. Anda akan diberikan beberapa pertanyaan seperti nama, usia, dan data diri lainnya. Setelah itu Anda juga bisa membayar asuransi tersebut dengan cara transfer bank. Kemudahan ini membuat semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya travel insurance dan jangan lupa memiliki paspor online untuk perjalanan aman terutama ke luar negeri. Jika Anda ingin bertanya-tanya atau mendapatkan informasi yang lebih jelas, Anda juga boleh datang langsung ke kantor asuransi untuk mendaftar secara manual.

 

  1. Tidak dikenai biaya terlalu besar

 

Biaya untuk asuransi travel ternyata tidak sebesar yang orang pikirkan. Biaya ini tidak sampai satu juta untuk perjalanan yang jauh. Biaya yang dikeluarkan untuk asuransi travel adalah sekitar 200.000 rupiah hingga 300.000 rupiah. Hanya dengan membayar jumlah tersebut Anda bisa mendapatkan tanggungan dalam jumlah yang sangat besar. Maka asuransi travel cukup menguntungkan karena tidak terlalu mahal. Bahkan jika ternyata perjalanan wisata Anda aman, Anda juga tidak terlalu rugi karena kehilangan beberapa uang saja. Menggunakan biaya asuransi tersebut Anda bisa pergi hingga ke Eropa dengan aman.

 

  1. Tanggungan asuransi berbeda tergantung jenisnya

Apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi sebenarnya berbeda, kembali lagi pada kebijakan asuransi tersebut. Ada pihak asuransi yang hingga menanggung delay pesawat sampai bagasi yang hilang, tapi ada juga yang hanya menanggung sakit atau kematian selama perjalanan wisata. Semua yang ditawarkan cukup berbeda tapi selisih harga yang ada sebenarnya tidak terlalu jauh. Maka dari itu, tergantung mana pilihan Anda atau mana yang Anda sukai.

 

  1. Menjaga keamanan ketika mengunjungi negara yang rawan perang atau terror

 

Asuransi sangat berguna ketika Anda mengunjungi negara yang sedang perang atau banyak terror. Ada beberapa negara yang masih rawan dikunjungi. Tapi ada beberapa tugas yang mengharuskan Anda pergi ke daerah tersebut. Maka sebaiknya Anda menggunakan asuransi travel yang paling baik. Akan ada resiko yang lebih besar ketika Anda mengunjungi daerah yang rawan terhadap terror. Meski biasanya agen travel untuk liburan tidak akan memasukkan wilayah negara yang penuh terror ke dalam perjalanan wisatanya, tapi Anda bisa saja pergi ke sana sendiri. Pergi ke daerah terror tanpa pemandu justru lebih berbahaya lagi, dan wajib untuk nmenggunakan asuransi travel.

 

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih pihak asuransi yang benar-benar bisa dipercaya agar Anda bisa melakukan proses klaim dengan lancar. Anda sebaiknya mendaftar paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan agar prosesnya lebih mudah dan tidak terburu-buru. Gunakan perusahaan asuransi yang terpercaya dan sudah banyak digunakan orang lain juga agar aman. Menggunakan asuransi travel sangat lebih menguntungkan karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti dompet hilang, kecelakaan, atau meninggal, Anda akan mendapatkan tanggungan yang cukup besar dibandingkan dengan uang asuransi yang Anda bayar. Agar tidak salah memilih perusahaan asuransi sebaiknya sesuaikan jenis asuransi travel yang Anda pilih dengan negara yang dikungjungi. Anda dapat bertanya langsung ke pihak asuransi apa jenis yang tepat untuk negara tertentu. Pihak asuransi pasti akan mengarahkan Anda pada jenis asuransi yang lebih tepat. Misalnya asuransi untuk ke Amerika atau Eropa menggunakan jenis asuransi tertentu dengan perbayaran yang telah ditentukan juga.

 

Kemudian, tanyakan juga kepada petugas asuransi berapa lama asuransi tersebut berlaku di luar negeri. Ada beberapa jenis asuransi yang hanya berlaku untuk dua minggu tapi ada juga yang hanya beberapa hari. Agar tidak salah dalam memilih kemudian tidak bisa melakukan klaim maka sesuaikan berapa hari Anda di luar negeri dengan jangka waktu asuransi tersebut. Sehingga Anda bisa menjadi lebih tenang selama perjalanan wisata tanpa memikirkan apakah asuransi sudah berakhir. Berikutnya Anda juga harus mengetahui dulu berapa banyak tanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut. Ada yang memberi tanggungan hingga ratusan bahkan milyaran rupiah untuk Anda. Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang sudah banyak dipercaya orang sehingga Anda tidak mudah tertipu. Selain itu, lihat juga apa saja yang akan mereka tanggung, misalnya kehilangan, sakit, dan lain-lain.

 

Hal terakhir tapi yang paling penting untuk diketahui sebelum mendaftar asuransi adalah cara kalimnya. Cara klaim yang berbeda bisa membuat Anda kebingungan, apalagi ketika dalam keadaan darurat. Hal yang sering membuat bingung adalah apakah langsung dikalim di tempat atau harus pulang dulu. Kemudian syarat yang diperlukan untuk kalim tersebut. Maka berhati-hatilah dalam memilih perusahaan asuransi dan jenis asuransi travel yang akan gunakan agar tidak rugi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *